Sabtu, 23 Mei 2020

LEBARAN BERBEDA


LEBARAN BERBEDA

(Duduk Bareng Si Rama dan Si Dhan)

Oleh : Sekretaris HIMASEKTA


Panggil saja si Rama dan si Dhan
Suatu pagi si Rama dan si Dhan duduk di teras rumahnya. Sebut saja rumah keluarga HIMASEKTA, kakak beradik ini selalu duduk terhening di pagi hari menjelang lebaran tiba. Si Rama yang merupakan kakaknya si Dhan membuka percakapan santai.

Rama : Dhan..
Dhan : Apaaa?!! (dengan nada sedikit nyolot)
Rama : Jangan nyolot dong. Ditanya baik-baik juga.
Dhan : Yeee apaan sih, biasa aja kali, kayak ngga tau adik elu aja gimana kalau ngomong.
Rama : Oke, udah gue mau tanya serius.
Dhan : Hahaha Biasanya tanya ya tinggal nyeplos.
Rama : Hilih iyaa iyaa.. salah mulu deh.
Dhan : Iya emang wkwkwk
Rama : Gini Dhan, ramadhan dan lebaran tahun ini berbeda ya dengan tahun-tahun biasanya. Banyak orang yang takut keluar rumah, takut dengan wabah, takut mengadakan acara dengan orang-orang sekitar, dan bahkan sampai takut ke tempat-tempat ibadah, terselip di pemikiran abang, apa ini tanda-tanda akhir zaman ya Dhan?? (dengan raut wajah agak gelisah)
Dhan : Kalau belum ya berarti masih tanda bang, seperti pas pdkt kalau belum di tembak ya belum jadian. Sama halnya dengan akhir zaman kalau belum ya masih tanda paham kan bang tanda jatuh cintaaa, hahaha.. (Dhan tertawa dengan gaya humornya)
Rama : Apaan sih elu, seriusan Dhan, canda mulu jadi orang. (dengan nada sedikit tinggi kira-kira 4 oktaf atau apalah itu dalam dunia permusikan duniawi).
Dhan :  Hahahaha iya bang, tapi ya mau gimana lagi bang, dunia sudah tua dan pasti juga sudah jenuh dengan tingkah-tingkah kita nih khususnya yang secara sengaja merusak bumi.
Rama : Iya semoga saja ramadhan dan lebaran tahun ini yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ngga ngurangin semangat kita dalam beribadah walaupun kudu stay at home demi kebaikan bersama.
Dhan : Aku jadi inget saudara-saudara kita yang jauh dari orang tua bang, yang kuliah, yang merantau, yang bertugas dan lainnya, pasti mereka sedih dikala waktunya mudik tapi pemerintah melarang dengan berbagai aturan untuk kebaikan bersama. Pasti mereka ingin sekali bertemu orang tua dan anggota keluarga lainnya di rumah.
Rama : Ya mau gimana lagi, saat ini itu yang terbaik, agar wabah ini segera berakhir.
Dhan : Ini kan udah puasa terakhir di bulan ramadhan tahun ini, nanti malam semoga takbir masih berkumandang di masjid dan mushola. Semoga saudara-saudara kita dimanapun mereka berada tetap sehat dan selalu di jaga oleh Yang Maha Kuasa, aamiin.
Rama : Aamiin… aku ada tips Dhan, sesuai tips dari pemerintah nih. Sekalian di terapin saat lebaran besok pagi tentunya, agar silaturahmi tetap terjaga dan rasa kekeluargaan tetap sama di saat wabah  seperti sekarang ini.
Dhan : Tips apaan? Jangan aneh-aneh deh.
Rama : Beneran, ngga aneh-aneh. Tipsnya adalah, bersilaturahmi melalui teknologi bisa dengan kirim pesan, video call  dan tidak pulang ke kampung dulu. Saat wabah seperti ini setiap orang mesti menjaga jarak atau physical distancing. Tips selanjutnya gunakan masker jika sakit, dan sebaiknya saat lebaran juga harus menggunakan masker ketika berada di sekitar orang lain. Tetap berada di dalam rumah hingga wabah ini mudik ke tempat seharusnya dan menghilang. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Hindari kerumunan. Tidak berjabat tangan, terutama kontak dengan orang tua yang sudah sepuh yang biasanya memiliki riwayat penyakit lain rentan terhadap penyebaran virus ini.
Dhan : mantappp.. hafal betul elu bang tentang himbauan pemerintah. Dan yang paling penting, jangan sedih walaupun tahun ini ngga bisa ketemu dengan keluarga dan kerabat lainnya, positif thinking pasti wabah ini akan segera berakhir dengan izin Yang Maha Kuasa. Pasti akan ada hari dimana kita semua bisa berkumpul dengan keluarga dengan suasana yang bahagia tentunya, itung-itung latihan sabar dan latihan LDR bagi yang belum pernah LDR ehehehehehe, karena pertemuan yang diawali dengan berjauhan terlebih dulu itu akan sangat berkesan. Jangan menyebarkan berita hoax tentang wabah ini, saling menyemangati satu sama lain, agar imun tubuh tetap stabil untuk melawan wabah ini pastinya.
Rama dan Dhan : Puasa terakhir di bulan Ramadhan
Rencana buka puasa dengan ikan Patin
Kami si Rama dan si Dhan mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[INFOTANI] FAO Apresiasi Kemajuan Pertanian dan Ketahanan Pangan Indonesia Selama Pandemi

Perwakilan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) untuk Indonesia, Rajendra Aryal mengapresiasi langkah yang dilakukan Kementerian Pertania...